Salary, Passion, or Knowlegde?


sebuah judul yang sudah ingin gue angkat dari jaman sebelum lulus kuliah tapi dari dulu hanya sekedar judul tanpa isi. melihat dari tanggal draft judul ini dibuat, sudah lebih dari satu tahun hanya menjadi sebuah judul tanpa isi πŸ˜€

dulu gue membuat judul post seperti itu dikarenakan keadaan yang sudah mepet lulus jadi memikirkan pekerjaan seperti apa yang harus gue pilih, yang sesuai dengan gaji (salary) kah? atau sesuai dengan passion? atau malah yang bisa menambah ilmu (knowledge)? untuk itu harus mengerti dulu apa artinya dari ketiga kata tersebut:

A salary is a form of periodic payment from an employer to an employee, which may be specified in an employment contract.

Passion is a term applied to a very strong feeling about a person or thing.

Knowledge is a familiarity with someone or something, which can include facts, information, descriptions, or skills acquired through experience or education.

semuanya gue ambil dari wikipedia biar gampang, tinggal googling kemudian copy paste πŸ˜€ kalau sudah mengerti, mari lanjutkan :p

oke ini gue membahas tentang pekerjaan di dunia IT ya, karena gue dari kampus dan jurusan yang ga jauh-jauh dari dunia IT. biar tidak ada kesalahan dalam pemahaman cara berpikir gue yang berantakan πŸ˜€

lumayan bingung ketika harus diskusi dengan orang lain tentang apa yang mau gue kejar dalam dunia kerja nantinya, selalu saja ada bentrok dengan dalam tiga hal itu. karena selalu pembahasannya, gaji besar maka kerja di perusahaan besar. dan ilmu banyak dapat di perusahaan kecil, karena cenderung lebih serabutan. sedangkan passion, itu masing-masing orang ya, kebetulan gue selalu berkeinginan untuk menjadi seorang konsultan.

dari dosen maupun saudara mengingatkan kalau menjadi IT staff di perusahaan besar itu tidak ada gunanya, karena kemungkinan besar kerjanya jadi tukang install antivirus, apalagi kalau sistem IT nya sudah dikontrol dari pusat dan itu perusahaan luar negeri jadi makin ga nyentuh itu sistem karena langsung dari luar negeri kontrolnya.

disini gue bingung karena bisa jadi gue hanya akan mentok begitu-begitu saja. ilmu tidak nambah, jabatan main naik pun susah, dan lebih parahnya lagi hasrat akan menjadi konsultan pun lenyap. tapi katanya gaji cenderung langsung tinggi. ya setidaknya harus cari tahu dulu bagaimana kerja staff IT di perusahaan yang mau di-apply karena biar tidak percuma waktunya.

untuk jadi terpikir untuk kerja di perusahaan konsultan IT saja, tidak masalah tidak terlalu besar yang penting ilmunya dapat banyak dan sesuai passion, masalah gaji pasti akan mengikuti pengalaman. ya itu yang ada dipikiran, tapi ketika denger gajinya kecil, terus ingat akan realita kalau gue kerja itu butuh dana yang cukup besar. apalagi dengan rencana bokap yang mau pensiun kalau gue sudah kerja.

semakin bingung dan berpikir untuk mengorbankan ilmu dan passion demi gaji yang lumayan, sampai berpikiran apa masuk bank saja yang ada program semacam management trainee nya itu. tapii, buat apa gue masuk kuliah IT kan.

dan gue pun berusaha untuk tidak menjadi PNS (karena masalah pribadi saja, tau bagaimana sikap kerja PNS seperti apa, jadi tidak suka), dan sebisa mungkin bukan BUMN. sampai-sampai, mungkin BUMN yang ingin gue lamar ya cuma perusahaan operator telpon genggam itu saja. seperti ada beban mental ketika gue masuk perusahaan seperti itu kemudian kerja gue tidak benar, rasanya seperti buang-buang duit rakyat :3

idealis? banget! dan itu makin membuat gue terpuruk akan pilihan kerja yang gue inginkan. ingin mendapatkan ketiga hal tersebut secara bersamaan rasanya sangat sulit, mengingat gue ini masih fresh graduate nantinya jadi pasti kalah dalam hal dealing gaji.

cukup sulit apalagi untuk seseorang yang biasa saja kemampuannya seperti gue ini, pengalaman minim, otak pun tidak encer, komunikasi? jangan ditanya dah, ancur. apalagi posisi konsultan yang gue inginkan itu kebanyakan membutuhkan pengalaman kerja, jadi makin kecil kesempatan gue untuk mendapatkan kerjaan impian.

oke sudah cukup panjang tulisan ini, gue sendiri pun malah untuk review ulang dari tulisan ini πŸ˜€ kalau ada kelanjutannya pasti akan gue tulis part 2 nya :p

10 thoughts on “Salary, Passion, or Knowlegde?

    1. dapet semuanya *yahoo*
      masalah gaji lumayan lah buat fresh graduate.
      passion udah sesuai banget sama apa yang gw inginkan.
      knowledge pastinya lah, karena passion yang tuju itu memang mengembangkan bgt masalah ilmu πŸ˜€

      1. wah sekarang udah kerja dmn? Seru ya pasti dunia kerja. Sharing sharing dong di blog hehe πŸ™‚

      2. nama perusahaannya Metrodata, perusahaan IT gitu dah.. seru ko seru, ketemu orang-orang baru juga si hehe

        sharing di blog ya, bener juga ya masih belum gw tulis itu haha bisa bisa jadi tulisan berikutnya hehe

  1. Kalo kata bokap sih, kalo masih awal, kejar itu passion sambil ambil ilmunya. Kalo udah tua, baru fokus cari duit, pilih-pilih dimana yang ngasih gaji encer, gitu πŸ˜„

    1. haha ga semua orang berpendapat seperti itu, tapi untuk ortu ga pernah masalah dengan apa yang gw mau :p
      dan beruntungnya, sekarang dapat semuanya πŸ˜€

  2. Wuiihh.. pemikiran nya simpel tapi ujungnya kompleks. otak ngga encer, pengalaman minim, menurut gw sih kak bugi terlalu merendah. hahaha, orang jago gituu.. Tapi tapi tapi gimana sekarang udah setahun lebih berkutat di metrodata? udah sarat akan pengalaman sama ilmu nih masbroo..

    1. rasanya dulu pernah bales komen ini, tapi entah kenapa ga ada ya, sepertinya saya lupa :/
      itu bukan merendah, tapi kenyataan om bobs πŸ˜„ kalah sama ente lah pokoknya masalah skill πŸ˜€
      udah setahun tapi mainannya kan itu-itu doang, ga develop aplikasi kayak situ.. kaga pake bisnis pula

    1. selama masih muda mah jangan condong ke salary, ya setidaknya cari yg pas lah jangan terlalu kecil πŸ˜€
      itu punya bisnis sendiri, asik kan πŸ˜€
      kerja sambil bisnis kan pemasukannya double..

      udah setahun hiatus ni, belum tau akan nulis lagi apa ga :p

Leave a Reply

