Cerita Telat: Berdiri di Hammersonic


tidak ada maksud apa-apa dengan judulnya, hanya iseng membuat judul seperti itu. seperti postingan blog gw pada umumnya, ini hanya menceritakan tentang apa yang gw alami di event Hammersonic. dan rencananya ini akan di post pada tanggal 30 April 2012, tapi kenyataannya tak kunjung selesai jg tulisan ini πŸ™‚

bisa dibilang Hammersonic memang acara yg besar sehingga dalam mendapatkan tiketnya pun gw butuh usaha yg tidak kalah besarnya. dari pinjem motor temen sampai akhirnya harus menukarkan tiket dengan bersepeda dari Bojongsoang ke Ciumbeluit. mungkin orang bandung akan tau seberapa jauh jaraknya itu πŸ™‚ perjuangan yg lumayan besar menurut gw karena jarang-jarang gw seperti itu hehe

DSC00343DSC00347DSC00348

The Day

tepat tanggal 28 April gw sudah siap untuk menghadiri acara besar ini, namun rasa malas membuat gw tidak hadir dari awal acara. band pembuka Straightout tidak sempat gw lihat, padahal ini salah satu band yg sangat ingin gw lihat secara live. tapi yasudahlah, malas yg menang πŸ™‚ dan berkat rasa malas tersebut, gw jadi ketinggalan banyak band seperti Funeral Inception, Dead Vertical, Massacre Conspiracy, Down for Life, Dawn Heist, Human like Monster, dan Divine Codex.

sampai area Hammersonic, langsung dihadang dengan … *entah itu namanya apa hehe mari sebut saja tempat untuk berfoto* banyak orang yg berfoto disana. masuk langsung lihat-lihat ke stand yg ada di bagian depan, bagian yg paling menarik bagi semua orang yaitu bagian Official Merchandise Hammersonic. sempat mau beli kaosnya tapi setelah tau harganya dan gw tidak membawa uang banyak, akhirnya gw pun balik badan haha

DSC00349

gw masuk ke area konser *ini konser apa festival ya? entah lah :p langsung di hajar sama Noxa. tidak ada foto-foto Noxa tampil karena gw lebih sibuk ngeliatin dan nge-video-in. bisa dibilang Noxa ini sangat komunikatif, gw agak bingung sebenarnya ini band grindcore atau band lawak, setiap kali ngomong pasti ada banyolannya. seperti alasan mereka tidak membawakan lagu Sinetron Sucks, karena ditelpon artis supaya tidak bawa lagu itu. di salah satu yg dibawakan Noxa, hadir vokalis The Arson Project untuk gabung.

Noxa at Hammersonic

band berikutnya adalah Impiety. gw tidak terlalu memperhatikan band ini, karena gw sendiri pun tidak pernah tau tentang band ini. πŸ™‚DSC00354

Impiety at Hammersonic

kemudian hadir lah The Arson Project. gw pun masih tetap tidak mengenal ini band apa karena gw pun baru pertama kali dengar namanya πŸ™‚ di salah satu lagu pun kehadiran vokalis Noxa. sepertinya memang mereka janjian buat tuker-tukeran haha tapi akhir kata, gw tetap belom bisa menerima musik The Arson Project.

DSC00355DSC00356

The Arson Project at Hammersonic

selanjutnya adalah Death Vomit. ini salah satu band yg berhasil membuat gw takjub. tidak mungkin orang tidak takjub dengan band ini, dari awal mulai sampai akhir, depan panggung menjadi lautan debu. moshpitnya sangat edan dan ini keren bgt. sebelumnya tidak ada yg seperti ini, dan mendadak ketika Death Vomit main, langsung berdebu. memang perlu disegani Death Vomit \m/

DSC00358DSC00361DSC00362DSC00363DSC00364DSC00365

Death Vomit at Hammersonic
Death Vomit at Hammersonic

jujur gw baru pertama kali dengar nama band ini, GxSxD, darimana asalnya pun gw tidak tahu. mungkin bisa dicek langsung di website Hammersonic (gw malas buka webnya sekarang :p). berdasarkan pengetahuan gw si ini termasukΒ  black metal. penampilannya tidak segelap musiknya, mungkin karena mereka tampilnya siang-siang πŸ™‚ tapi secara musik si menurut gw asik. ini salah satu band yg gw nikmati penampilannya. walaupun crowd-nya tidak menggila dan band ini memang bukan yg cocok untuk moshing, sepertinya.DSC00366

GxSxD at Hammersonic
GxSxD at Hammersonic

seharusnya sebelum Nothnegal dan GxSxD itu ada satu band, namanya Cyanide Serenity. GxSxD itu seharusnya setelah Nothnegal tapi dimajukan. gw tidak tahu kenapa Cyanide Serenity tidak ada, atau mungkin saja sebenarnya sudah tampil pas pagi, saat gw belom sampai venue. entah lah :p

dan band ini lagi, Nothnegal. tidak ada yg moshing sama sekali, semuanya nonton dengan berdiri diam saja. musiknya agak kurang cocok sepertinya dengan para penonton yg hadir sore itu. musiknya lumayan berat tapi tetap asik. entah kenapa saat live, genrenya seperti berbeda dengan yg versi rekaman. entahlah, yg pasti masih asik di denger πŸ™‚

DSC00369DSC00371

Nothnegal at Hammersonic

oke sekarang adalah band saudara gw, yaitu Seringai. nothing special. karena gw masih ingat ketika dulu jaman SMA, gw liat perform mereka di sebuah pensi, dan rasanya tetap tidak jauh beda. kecuali crowd nya yg sudah jauh lebih menggila. dulu pendengarnya tidak sebanyak sekarang. bagian paling keren adalah saat bawa lagu Motorhead yg judulnya Ace of Spades. sisanya ya gw jadi penonton yg tertib sembari foto-foto. πŸ™‚ menurut gw, Seringai termasuk yg berhasil membuat depan panggung menjadi berdebu \m/

DSC00372DSC00373

Seringai at Hammersonic

sekarang Koil, walaupun penampilannya hanya sebentar, sangat sebentar malah. gw lupa meraka bawa berapa lagu, kalau tidak salah hanya 3 lagu saja. sempat ngebanyol tentang acara musik di tv yg tiap pagi, karena Koil beberapa kali datang dan semuanya lipsync πŸ™‚ maklum lah namanya jg acara tv :p

gw sempat terpesona dengan seorang penonton yg membawa anaknya di pundak, anaknya masih kecil. entah ini bokapnya yg edan bawa anak kecil ke tempat seperti ini atau memang anaknya yg suka lagunya hehe ga peduli lah, tapi yg gw salut adalah mereka sengaja datang ke Hammersonic untuk melihat Koil main. mereka sedikit kecewa karena Koil hanya sebentar. maklum sudah mepet sama maghrib. *hasil nguping omongan bapaknya sama istrinya*

biarpun hanya sebentar, Otong Koil tetep berhasil memukau. dia berdiri di depan dan mulai menghancurkan gitar merahnya. dari semua yg tampil, hanya Koil yg berani menghancurkan gitar πŸ˜€ awesome.

DSC00376DSC00377DSC00378

Koil at Hammersonic
Koil at Hammersonic
Koil at Hammersonic

sebenarnya sebelum ada Chthonic ini ada sebuah band yg sudah main duluan, namanya Dreamer. tapi karena saat itu gw lagi solat maghrib dulu dan memilih untuk makan malam, alhasil gw pun tidak lihat penampilannya secara langsung, tapi cukup bisa mendengarkan dari tempat makan karena tempat makannya ada di dekat panggung (tapi diluar area Hammersonic ya :p )

sekarang Chthonic, band asal taiwan ini salah satu band yg berhasil membuat kagum. hanya karena bassis nya yg cewek dan berpakaian seksi di atas panggung πŸ™‚ biarpun cewek dan berpakaian seksi, betotan bass nya tetap serem. dan band ini jg berhasil membuat untuk ngefans karena musiknya keren, dimana unsur metal di gabung dengan unsur tradisional taiwan. gw tidak tau apa nama alat musik tradisional tapi saat digabung dengan musik metalnya tetep masuk dan keren. four thumbs up lah buat band ini.

DSC00382

Chthonic at Hammersonic
Chthonic at Hammersonic

akhirnya gw melihat aksi panggung dari band tua ini, tapi kenyataannya gw bukan fans nya. gw ada satu album (oke itu hanya mp3 bajakan) tapi itu pun gw tidak terlalu suka. hanya ada satu lagu yg jadi favorit, tapi itu jg cuma intronya haha yap lagunya adalah Budak Industri, karena intro nya pake theme nya super mario. tapi setelah liat live, sepertinya gw jadi suka dengan band ini. (oke hanya suka tapi tidak tertarik untuk dengar lagunya setiap saat :p mendingan liat langsung)

DSC00387DSC00388DSC00390

Sucker Head at Hammersonic
Sucker Head at Hammersonic

bisa dibilang D.R.I. adalah band yg paling beda sendiri, yg lain cocok buat headbang, ini cocok buat joget. bukan pertama kalinya gw dengar lagu bergenre crossover tapi berkat D.R.I. lah gw jadi tau ada aliran crossover. penampilan D.R.I. bisa dibilang asik banget, apalagi penonton nya jg jadi liar. circle pit nya asik bgt, mereka sambil berpogo ria. πŸ™‚

yg gw suka dari circle pit saat D.R.I. ini adalah sikap saling tolong menolongnya, ketika ada jatuh, orang-orang disekitarnya langsung melindungi yg jatuh. walaupun lagu keras tapi tetap saling tolong menolong. beda sama cerita konser band pop yg memakan korban.

DSC00394DSC00395DSC00396DSC00398

D.R.I. at Hammersonic
D.R.I. at Hammersonic
D.R.I. at Hammersonic
D.R.I. at Hammersonic
D.R.I. at Hammersonic

tepat jam 21.15, Burgerkill hadir dan menghajar penonton. seperti biasanya, Burgerkill tetap garang tapi ya seperti itu lah hehe mendingan lihat postingan gw yg sebelum-sebelumnya tentang Burgerkill. penampilannya tidak jauh beda menurut gw, jadi tidak banyak hal menarik yg bisa gw ceritakan.

DSC00402DSC00404

band yg tidak gw ketahui lagi, Psycroptic. saat dengar band ini bawain lagu-lagunya, gw sudah kecapean di depan speaker. gw hanya dengar lagu dan kadang membuat video,Β  sisanya duduk. yg menarik dari band ini yaitu band ini rajin ngelempar merchandise. beruntung lah para penonton yg di depan panggung. entah ada berapa kaos yg di lempar sepertinya lebih dari 5 kaos.

Psycroptic at Hammersonic
Psycroptic at Hammersonic

pertama kalinya liat langsung Deadsquad main. cukup menghibur walaupun gw kurang mengerti death metal hehe tapi gw tetap lebih suka dengar dari mp3. mungkin karena malam itu gw sudah terlalu lelah jadi kurang menikmati πŸ™‚ tapi tetap asik ko walaupun lelah. lagu baru pun dibawakan, Patriot Moral Prematur.

Deadsquad at Hammersonic
Deadsquad at Hammersonic

salah satu band yg gw tunggu, bukan fans tapi sempat kagum dengan sebuah lagu dari Nile. yap, itu pasti Kafir. alasannya ya simple, karena ditengah gemuruh musik death metalnya, kemudian nyelip ada adzannya. jujur gw sendiri masih belom tau kenapa ada adzannya dan kenapa judulnya Kafir. tapi sekilas kalo diperhatikan liriknya ya seperti bagian dari salah satu qur’an gt. tiada tuhan selain Allah. cuma versi bahasa inggris, there’s no gods but God.

Nile naik ke panggung dan langsung dibuka dengan Kafir. great, langsung lagu favorit πŸ™‚ entah kenapa para kaum agamis garis keras tidak bertindak walaupun ada adzan ditengah lagu metal. biasanya mereka berpikiran sempit dan langsung menghakimi. atau mungkin karena lebih takut sama parah headbanger? hehe

DSC00412DSC00414DSC00415

Nile at Hammersonic
Nile at Hammersonic
Nile at Hammersonic

oke sampai dipuncak acara, Suffocation naik. tapi tapi, kenapa videonya jarak jauh? karena gw sudah terlalu lelah berdiri dan gw pun sempat ketiduran di samping panggung. haha gw hanya mau liat performnya, bukan ngefans. tapi ya sekedar mau tau saja bagaimana live nya, toh ini serangkaian acara gitu πŸ™‚ gw suka dengan penampilannya, asik bgt. *walaupun gw sempat tidur haha

Suffocation at Hammersonic
Suffocation at Hammersonic

Hammersonic ini merupakan salah satu acara yg (jujur) tepat waktu. disiplin bgt sama jadwal. cuma karena teralu banyak band death metalnya, jadi gw agak kurang mengerti walaupun sebagian besar band yg tampil disana, gw udah pernah dengar lagunya. ditunggu lagi tahun depan, semoga lebih bervariasi lagi band-bandnya. πŸ™‚

akhir kata, ini cuma cerita di blog gw, penuh subjektifitas. kalau ga suka, silahkan laporkan kepada yg berwajib πŸ˜€

Leave a Reply

