Gw Kangen Masa SMA


tulisan 1 tahun yg lalu, bahkan gw pun tidak ingat apa saja yg tertuliskan disini. sebuah tulisan yg gw buat tanggal 13 Febuari 2011. dan setelah sekian lama mengendap di draft blog, sekarang akan gw post tanpa ada edit sama sekali. gw tidak peduli apa yg sudah gw tuliskan dulu hehe.. enjoy


awalnya gw ingin bercerita dahulu tentang ini ke seseorang tapi gw rasa itu tidak perlu, gw ga enak sama dia nya, gw ga enak sama cowoknya, gw ga enak sama segalanya. jadi gw lebih memilih untuk mengetiknya aja. setidaknya gw sudah menceritakan hal yg ingin gw ceritakan. hehe

mungkin ini lah sebagian kecil yg kemudian semakin membesar ketika kegalauan tentang seseorang yg gw maksud diparagraf pertama. hehe tapi setidaknya ini membuat gw kembali mengingat kenangan-kenangan masa dahulu, masa SMA gw. seperti yg dulu rasakan, saat SD gw teringat masa TK. saat SMP gw teringat masa SD. saat SMA gw teringat masa SMP. dan sekarang saat gw kuliah, gw teringat masa SMA. tapi SMA jauh lebih edan bagi gw. semua yg gw ceritakan disini hanyalah dari perspektif gw. dan gw tidak menyebut nama temen sama sekali.

Hashtag #cumadi12

awal permulaan gw bisa merasa sangat kangen masa SMA adalah karena sebuah hashtag di twitter, #cumadi12. ya karena dari hashtag itu gw melihat banyak tweet yg membuat mengingat banyak kenangan di masa SMA. awalnya gw hanya membaca sampai akhirnya gw memaksakan diri untuk mengingat dan menulisnya dengan hashtag #cumadi12 juga. dan itu benar-benar menyenangkan.

Film Catatan Akhir Sekolah

kemudian beberapa hari, hampir seminggu, gw melihat film Catatan Akhir Sekolah di tv. gw tidak ingat nama orang yg main di film itu tapi yg jelas film itu menggambarkan kehidupan masa SMA di Jakarta. walaupun sebenarnya hal yg dilakukan di film itu tidak seperti yg gw alami di masa SMA, tapi film itu memang bisa membuat gw mengenang masa SMA. penuh kejahiliyaan.

Buku Tahunan dan video Unforgetable Journey

sehari setelah gw melihat film Catatan Akhir Sekolah, gw membuka lemari gw yg berisi Buku Tahunan SMA. gw ingat saat gw kembali ke Bandung, buku ini masih berada di tumpukan buku-buku yg tersisihkan. untuk gw selamatkan. hehe gw membuka lembaran-lembaran Buku Tahunan untuk mencari video kenangan SMA. dari dulu memang video ini kurang greget bagi gw, tapi entah kenapa saat gw tonton lagi, gw merasa video ini memang video yg spesial. gw menonton video itu sambil membuka-buka Buku Tahunan. saat gw lihat Buku Tahunan mungkin memang terasa biasa saja tapi gw tertawa sendiri saat melihat foto seseorang yg sekarang sudah benar-benar berubah, ya seorang cewek, gw sempet suka tapi ya hanya sekedar suka dan merasa nyaman saat ngobrol sama orang ini. tapi lucunya gw merasa sukanya bukan saat SMA tapi saat kuliah. tapi sayang, sekarang gw udah ga pernah ngobrol sama dia lagi.

Ingatan masa SMA

gw ingat sekali, pada awalnya gw tidak ingin masuk ke SMA 12 Jakarta. gw sempet merasa kecewa ketika tidak diterima SMA yg gw inginkan. tapi setelah beberapa lama gw masuk sekolah, gw merasa ini memang SMA yg menyenangkan. dari kelas X-2, XI IPA 1, dan XII IPA 3. gw memang bukan murid yg menonjol dari segi apapun, gw bukan orang pintar yg berprestasi, gw bukan orang yg suka bikin onar juga, gw bukan termasuk orang yg aktif dalam kegiatan sekolah. gw hanyalah murid biasa.

X-1

kelas 1 gw masuk kelas X-2. sebuah kelas yg agak aneh karena bersebelahan dengan X-1 dan dipisahkan oleh pintu besi dan bisa saling intip. efek buruknya? ya kita semua kalau ribut pasti kedengeran sampai kelas sebelah. dan buruknya lagi, keadaannya selalu gantian. saat X-1 belajar, X-2 bebas. dan juga sebaliknya. ini pertama kalinya mendapat predikat paling “JAIM” sekelas. ternyata memang benar istilah “don’t judge a book from the cover” (bener ga ya? au ah). semua mengira gw itu anak kutu buku yg kerjaannya belajar dan maniak komputer. padahal gw jauh dari semua itu. mungkin maniak komputer iya, tapi hanya untuk denger lagu. haha

XI IPA 1

IPA 1? kelas unggulan? tentu tidak. haha memang ada beberapa orang yg memang pintar-pintar dan bisa gw bilang jenius-jenius. tapi apa gw bermain dengan mereka? kadang-kadang. gw tetap bermain dengan anak kelas yg posisi duduknya dibelakang. ini termasuk jaman yg benar-benar jahiliyah menurut gw. sangking bosannya dengan presentasi biologi, anak-anak kelas mulai berulah. seinget gw, sampai ketua kelas gw pun turun tangan, gw lupa siapa ketua kelasnya dulu. hehe dengan alasan ijin ke wc lalu mematikan listrik sekolah terutama bagian kelas gw. alhasil dengan alasan mati lampu jadi tidak presentasi. cara lain setelah matiin lampu sekolah, ulahnya yaitu mencabut cermin yg ada di OHP. gw ga tau ini namanya apa, vandalisme atau anarkisme, tapi bagi gw ini kehidupan SMA. pernah saat lagi ada ujian, ya ujian biologi. entah kenapa dari dulu pasti bermasalah dengan biologi. haha salah satu temen gw ada yg ngebet, ya ngebet atau mencontek. gw agak lupa, dia menaruh contekannya dibawah kertas ujian atau dia punya kertas ujian terus ditulis sama jawabannya duluan. dan yg terjadi adalah? ya dia ketauan sama guru dan kertas ujiannya dirobek di tempat. semua langsung jadi panik. temen sebelah gw yg ketauan ngebet itu pun sebenarnya lagi ngelakuin hal yg sama, tapi untungnya tidak ketauan. temen gw dipanggil ke depan kelas, disuruh jelasin apa yg dia lakuin. dan temen gw bilang kalo itu namanya “ngebet”. sepertinya guru gw tidak pernah denger istilah itu jadi dia bilang “ngebet” dengan logat bataknya. orang batak menyebut huruf “E” benar-benar seperti dalam abjad. ya bisa dibayangkan sendiri, emang agak susah diceritakan. tapi pas guru gw bilang “ngebet” dengan logatnya, semua anak langsung ketawa karena logatnya yg kental sekali itu dan salah penyebutannya juga. haha ini tidak bisa hanya dibaca, harus mengalaminya. haha saat kelas 2 ini lah pertama kalinya gw cabut sekolah. waktu itu saat maulid nabi (kalau tidak salah) yg seharusnya ada disekolah mendengarkan ceramah agama dan mencatat omongan penceramahnya. gw sama beberapa temen kelas gw malah cabut keluar sekolah dan balik lagi setelah ceramah selesai dan langsung mencontek catatan orang lain. kegilaan masa kelas 2 masih ada, memang si gw tidak ikut dengan kegilaan ini tapi gw termasuk saksi mata yg berada di kelas. waktu itu pelajaran Bahasa Indonesia dan akan menggunakan ruangan avis (audio visual). tapi ternyata apa? yg datang hanya sedikit, lainnya cabut semua. setelah balik ke ruang kelas biasa, ternyata ini menjadi masalah. guru mempertanyakan kemana anak-anak lainnya. sebenarnya ini bisa saja aman, tidak ketahuan karena pada tutup mulut semua. gw yg termasuk tau dengan kemana mereka semua pergi hanya diam saja. anak-anak yg gw bilang jenius itu pun pada tutup mulut seakan mengerti dengan keadaan temen-temennya. tapi yg terjadi adalah ada 1 orang yg malah buka mulut dan bilang kalau tas mereka masih ada di kelas. alhasil semuanya ketauan deh. lucunya setelah ketauan dan temen-temen gw yg pergi itu ketauan juga, mereka di interogasi dan salah satu temen gw itu berakting nangis. dan sepertinya hukumannya pun menjadi ringan. haha rocks!

Study Tour

ya saat kelas 2 ini ada study tour ke jogja. ya judulnya study tour tapi sepertinya ini lebih tepat kalau dibilang jalan-jalan. dulu rencananya sebelum study tour ke jogja, akan ada jaket kelas namun sampai saat h-1 keberangkatan masih tidak jelas juga tentang keberadaan jaket kelas itu dan akhirnya berubah menjadi gelang kelas. maroon ya warnanya maroon, warna yg gw suka. perjalanannya mungkin tidak begitu terasa melelahkan karena sepanjang perjalanan diisi dengan bercanda dan main kartu. kalau tidak salah ada beberapa temen yg sengaja bawa anggur merah tapi gw kurang tau juga, yg gw lihat hanya campuran minum yg beralkohol tapi gw tidak ikut merasakannya. masih anak baik, mungkin kalau sekarang bisa-bisa gw ikutan nyobain. hehe hotel pertama di jogja, bagus! tapi gw ga tau nama hotelnya, tempatnya nyaman lah. tapi sangat disayangkan, waktu itu lagi ada final bola dan tidak diijinin nonton. gw ga ngerti siapa lawan siapa dan itu kejuaraan apa. tapi ada beberapa orang yg kabur dari hotel buat nonton bola. gw tidak ikutan, lagian juga gw ga ngerti bola. hehe selama di jogja yg gw ingat itu pergi ke malioboro dan borobudur, gw lupa ke prambanan juga atau tidak. tapi pengalaman serunya ada di malioboro, 2 temen gw telat balik ke bis padahal udah sore. jadinya malah dihukum dan disuruh nyanyi di bis. haha waktu itu kalau tidak salah gw dengar mitos kalau pasangan dateng ke borobudur bersama, nantinya bisa putus. dan itu terjadi ke temen gw, ga tau si putus apa ga, tapi temen gw yg iseng ini nangis di bagian belakang bis. dengan pura-pura tidur dan kelilipan, padahal semua anak juga pada tau. haha tapi nyatanya, sampai sekarang mereka masih pacaran. good. hotel kedua di wonosobo. sebenarnya dulu hotel ini pernah gw tempatin sama bokap gw, dan dulu keadaannya benar-benar berbeda dengan keadaan saat study tour. dulu itu termasuk hotel yg bagus tapi saat study tour? hancur. gw dapat kamar yg tidak ada kamar mandinya. temen gw ada yg dapat kamar berkamar mandi tapi malah ada kodok di dalam kamar mandi. beberapa temen gw bilang ini sebenarnya rumah bordil. hal bodoh tidak akan pernah lepas dari kelakuan temen-temen gw. entah sangking keselnya sama tu rumah bordil atau hanya sekedar iseng, temen-temen gw malah loncat-loncatan di kasur dan berakibat kasurnya patah. guru-guru sampai datang karena suara yg ramai tapi tidak ada yg tau kalau sebenarnya itu kasur patah. haha kebodohan berikutnya adalah ketika tidur, gw dan seorang temen gw yg tidur tidak sadar kalau dikerjain. bagaimana caranya? mereka memasukkan hp (handphone) ke dalam celana tepat di bagian “itu” (you know lah haha) dan apa yg dilakukan kemudian? ya di telpon! getaran-getaran nikmat itu lah yg membuat mereka semakin bahagia. damn. gw menjadi korban. haha gw ga ingat berapa hari study tour itu tapi benar-benar membuat kenangan yg menyenangkan.

Jalan-jalan Kelas

awalnya gw memberi judul “Perpisahan Kelas 2”, tapi gw rasa kurang tepat. tapi ya memang jalan-jalannya ini terjadi setelah kelas 2 selesai, saat liburan kenaikan kelas kalau tidak salah. tapi gw juga lupa si. haha sebenarnya tulisan bagian ini hampir tidak ada yg gw ingat, cuma ada beberapa bagian yg gw ingat tapi penting makanya gw tetep tulis. gw ingat, waktu itu gw sama temen gw itu tidak bawa handuk. jadinya berdua senasib ga bisa ikutan mandi di tempat mandi (bukan kamar mandi ya hehe). akhirnya gw sama dia jalan berdua ke pasar buat beli handuk. cukup 1 beli handuk murahan dan kemudian dibagi 2. tidak modal. haha perjalanan ke pasar yg lumayan jauh, jadi gw bisa dapat banyak cerita dan nasihat (mungkin) dari dia. ya namanya juga Bugi, ga mungkin kalau tidak lupa dan yg diingat cuma sangat sedikit. yg gw ingat, temen gw itu bercerita tentang bahayanya drugs, ya narkoba. dia membiarkan gw untuk merokok ataupun mabok tapi jangan sekali-kali coba narkoba. memang hal seperti ini sudah biasa dijelaskan kalau ada pengarahan dari tv ataupun orang yg datang ke sekolah, tapi tetap saja kurang mengena. sedangkan sekarang, gw dapet cerita dari temen gw. yg membuatnya tidak biasa adalah temen gw aktif merokok dan sering mabok. dan dia pernah mencoba drugs. waktu itu kalo ga salah dia cerita kalau dia pake ganja tapi ga begitu inget juga gw. ya pokoknya JANGAN SEKALI-KALI COBA NARKOBA!

XII IPA 3

ternyata gw naik kelas, waktu itu sempet bingung juga sama keadaan nya. kepikiran terus kalo ga bakalan naik kelas, nilai ancur, kerjaan main doang. entah gw sudah penuh dengan dosa atau bagaimana, di saat kebingungan itupun gw masih menganggapnya santai. ckck kelas 3, semakin dengan dekat lulus. tapi bukan berarti kehidupan semakin baik, segala macam kekacauan masih saja tetap terjadi. kelakuan masih belum banyak berubah, masih ugal-ugalan tapi sudah mulai banyak belajar karena makin dekat dengan UAN dan SNMPTN. pensi sekolah, acara yg biasa saja, bagi gw, karena diadakan di dalam sekolah. gw bosan dengan kegiatan yg berada di dalam kelas. keinginan mengadakan pensi di luar gagal karena kejadian rusuh pensi SMA 44 Jakarta. biarpun pensi di dalam sekolah, tapi tetap menyiapkan hal yg terbaik. dari konsep kaos seragam sekelas dan bertuliskan 1 huruf di setiap kaos, kalau disusun bisa menjadi 1 kalimat dari mars SMA gw. tapi biarpun simple, konsep ini membuat kelas gw mendapat award dresscode terbaik. \m/ kelakuan temen-temen gw dan gw juga masih tetep minus. ada temen gw yg ketauan cabut ke perpus tapi malah ngenet. gw yg ketauan ngerjain tugas lain pas guru gw ga ada. main karet di dalam kelas sampai bikin keributan gara-gara pada loncat-loncatan. dan masih banyak lainnya tapi sayang gw ga inget. haha tapi yg membanggakan dari kelas gw, anak dari kelas gw penyumbang terbanyak di daftar murid yg sudah diterima di universitas negeri / swasta sebelum UAN. tulisannya si negeri tapi nyatanya swasta juga ditulis. mau lewat jalur apapun selama sudah diterima di universitas pasti ditulis. tapi bukan berarti banyakan anak yg lewat jalur khusus, buktinya sebagian yg diterima itu lewat jalur ujian mandiri. memang bukan lewat SNMPTN tapi bukan berarti lebih mudah.

Anyer untuk Berpisah

akhir kelas 3 gw ditutup dengan jalan-jalan ke Anyer. beberapa orang yg awalnya gw pikir tidak bisa ikut ternyata pada ikut. acaranya ramai. gw ga ingat berapa harinya, tapi ya tetap menyenangkan. bermain di pantai walaupun gw ga bisa berenang. tapi yg sangat gw sayangkan, gw ga ikut acara tengah malam gara-gara tidur. sucks! padahal kalau diliat dari fotonya, acara malem itu pasti sangat seru, secara ketua kelas gw ultah, pasti ada acara gila-gilaannya.

Last Words

mungkin cuma segitu saja yg masih bisa gw ingat dan gw tuliskan. masih banyak yg tidak diceritakan, dikarenakan otak gw yg sangat terbatas ini. mengingat yg baru dibaca saja susah, apalagi mengingat hal yg sudah lama seperti ini. gw hanya kangen dengan masa-masa SMA. masa jahiliyah. masa hura-hura. masa bertindak tanpa berpikir.

Leave a Reply

