Windows Live Mesh pada Area Ber-proxy


karena kebutuhan gw akan sebuah server yang senantiasa bisa disinkronisasi dengan file yang ada di laptop gw, akhirnya gw menemukan Windows Live Mesh ini, paketan dari Windows Live Essentials. gw bukan mengiklankan ini produk tapi gw baru saja dapat ilmu baru hasil googling. tidak mungkin gw sampai googling kalau tidak bertemu masalah yg ga bisa dipecahkan sendiri :p cukup dengan keyword “proxy live mesh” kalo ga salah, akhirnya gw menemukan cara berikut.

masalahnya adalah gw selalu berinternet ria di kampus sedangkan kampus menggunakan proxy. entah kenapa gw sering kesal dengan penggunaan proxy ini, mungkin karena banyak aplikasi yg ga bisa langsung digunakan, harus setting sana setting sini dulu. agak ribet. salah satu aplikasi yg gagal untuk dijalankan adalah Windows Live Mesh ini.

image

langsung saja lah ya, otak atik laptop supaya ini aplikasi bisa berjalan dengan sempurna. tapi karena males menerjemahkan ke bahasa indonesia, jadi gw biarkan tetap menggunakan bahasa inggris.

  • Run inetcpl.cpl
  • Connections -> LAN settings.
  • Clear Automatically detect settings and Use automatic configuration scriptcheck boxes.
  • Check Use a proxy server for your LAN and enter proxy server address or IP and port.
  • Check Bypass proxy server for local addresses.

 image

  • Run cmd.exe / command prompt and enter this command
  • netsh winhttp import proxy source=ie

kalau sudah melakukan langkah di atas dan dapat info kalau berhasil ya tinggal buka Live Mesh lagi dan login dengan sukses 🙂

untuk pengguna Vista / 7, saat menjalankan cmd.exe sebaiknya menjadi administrator dahulu. caranya cukup klik kanan dan pilih “Run as Administrator” seperti gambar dibawah. karena kalau tidak menjadi administrator, perintah netsh nya tidak akan bisa jalan.

image

oke cukup sekian, sepertinya setelah setting seperti ini, akan banyak aplikasi yg bisa jalan jg walaupun gw belom nyoba  🙂

Leave a Reply

