Jaringan Komputer


Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer seperti Membagi sumber daya seperti pemakaian printer, CPU, Memory, harddisk, sebagai komunikasi contohnya kirim email, chatting, ataupun sebagai akses informasi contohnya web browsing. Dari defenisi di atas yang dimaksud dengan perangkat lainnya dapat berupa hub, switch, router dan lain sebagainya.

Hub – Switch – Router

Fungsi Hub secara sederhana adalah hanya memiliki kemampuan meneruskan paket (data yang dikirim) ke alamat yang akan dituju dengan menyebarkan berita (broadcast) ke seluruh computer yang terhubung dalam satu terminal Hub.

Fungsi switch secara sederhana hampir sama dengan hub namun lebih cerdas. Lebih cerdas yang dimaksud adalah cara kerja antara switch dengan hub yang berbeda, jika hub mengirimkan pake ke semua computer, sedangkan pada switch dapat menentukan kemana paket harus dikirim (selektif), switch menentukan tujuan berdasarkan MAC address (Media Access Control Address/alamat hardware)

Fungsi router secara sederhana adalah sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan, (untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya).

Untuk membangun suatu jaringan computer yang paling sederhana adalah kita membutuhkan minimal 2 device (computer, laptop, atau lainnya) dan suatu penghubung yang dapat berupa kabel UTP (Unshield Twisted Pair) biasanya orang menyebutnya kabel LAN, ataupun menggunakan wireless dan media lainnya.

Gateway

Setelah memahami konsep subnetmask dengan baik maka kita sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai jaringan, apakah suatu jaringan itu saling terhubung atau tidak. Jika tidak terhubung maka dibutuhkan perangkat untuk menghubungkan jaringan yang berbeda tersebut seperti router.

Suatu jaringan anggap saja 192.168.1.0/24 akan disambungkan dengan jaringan 192.168.2.0/24 maka pada tiap jaringan dibutuhkan gateway.

Gateway adalah alamat host yang berfungsi sebagai keluar masuknya paket data dari dan ke luar jaringan , gateway dapat dianalogikan dengan sebuah jembatan penyebrangan, anggap orang-orang yang ada di madura kalau mau keluar atau masuk dari madura harus melewati jembatan suramadu, nah jembatan suramadu ini dikatakan sebagai gateway. Pada umumnya gateway adalah host yang berupa router.

DNS (Domain Name System)

DNS (Domain Name sistem) yaitu suatu metode dimana mentranslasikan suatu alamat IP address kedalam sebuah kalimat yang lebih mudah diingat, sebagai contoh http://www.facebook.com, secara default jaringan tidak mengenal http://www.facebook.com jaringan hanya mengenal IP address, namun ketika komputer melakukan permintaan ke jaringan alamat facebook.com hal yang pertama di lakukan adalah komputer mengecek ke host DNS komputer itu sendiri pada windows berada pada windows/system32/driver/etc/host apabila pada file ini tidak ditemukan maka akan meminta alamat facebook.com ke DNS server.

Network Address Translation (NAT)

Konsep dari NAT adalah bagaimana kita mentranslasikan alamat lokal kepada alamat publik atau alamat dengan IP yang berbeda kelasnya. Jadi semisal kita memiliki IP lokal nantinya akan ditranslasikan ke IP publik. Sehingga kita bisa berkomunikasi dengan dunia luar selain dunia jaringan lokal. Contohnya terlihat pada gambar dibawah:

image

Jadi konfigurasi NAT ada dua tipe, yaitu :

  1. Source NAT atau srcnat.
  2. Destination NAT atau dstnat.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s