NAPALM DEATH!!!


REVIEW

DSC00982

Napalm Death, band grindcore asal Inggris, untuk ketiga kalinya konser di Indonesia. dan baru datang ke konsernya pada konser yg ketiga ini. letak konser di Bulungan Outdoor, tempat yg sudah sering sekali diadakan konser band metal. dari dalam negeri sampai luar negeri ada konsernya disini. lokasi tidak ada masalah, ini benar-benar letak yg memang sudah jadi favorit acara band metal. \m/

ada beberapa berita yg gw baca kalo konsernya akan dimulai jam 19:00, mungkin telat beberapa menit tidak masalah. tapi ternyata ini sampai jam 20:00, baru lah personil Napalm Death naik ke panggung buat chechsound sebentar. memang infonya itu juga bukan dari sumber yg terpercaya jadi ga perlu pertanggungjawabanan. lagipula, ngapain juga gw minta pertanggungjawabanan atas terlambatnya itu. hehe

konser Napalm Death ini tidak ada band pembukanya, jadi selama menunggu itu tidak ada penampilan apapun. hanya panggung yg lampunya juga dimatikan. walaupun pada akhirnya dari pihak panitia memasang lagu Hatebreed yg judulnya Everyone Bleeds Now. tapi masalahnya hanya 1 lagu yg diputar, jadi lagunya itu diputar berkali-kali sampai gw sendiri saja bosan dengar lagunya. walaupun itu lagu yg enak tapi karena diputar terus menerus sambil menunggu ya terasa membosankan juga.

berjalannya konser si cenderung tertib, aman, damai. bukan, ini bukan cenderung tapi ini sangat tertib. biarpun penuh dengan orang-orang yg mabok tapi tetap saja keadaan aman terkendali, ini berkat orang-orang hebat semua yg masuk ke dalam moshpit. sikap saling tolong menolong dan bersenang-senang tapi tetap dalam kendali membuat keadaan tidak ricuh. rusuh tapi tertib. bingung dijelaskan. pokoknya hebat.

sound si sudah lumayan bagus, entah kuping gw yg merasa atau memang seperti itu, gw merasa treble nya terlalu tinggi. terutama buat microphone Mitch Harris. tiap kali dia nyanyi pasti terasa pengang banget. tapi untuk suara lainnya si sudah nikmat banget, serasa dengar dari file mp3 yg gw bajak dari cd. jernih. gitar terdengar jelas, bass juga jelas, drum terasa nikmat, vocal growl yg berat pun tetap enak. mantap.

satu hal yg sangat kurang menurut gw, durasi konsernya sangat sebentar. karena tidak adanya band pembuka, jadi Napalm Death mulai saat belum terlalu malam. jam 20:15an, permainan dimulai. dan jam 21:15, permainan selesai. hanya 1 jam saja konsernya. gw merasa ini sangat kurang lama, dan lagi, mana ada konser band metal yg selesai jam 9 malam? minimal jam 12 gitu, biar sekalian begadang. tapi yasudahlah, konsernya tetap nikmat dan energinya terasa nikmat.


BLOG

entah apa yg terlintas dipikiran gw, tapi hati gw yg terdalam bilang untuk datang ke acara konser Napalm Death yg ketiga ini. dari dulu gw sering ingin nonton acara band metal tapi selalu tidak jadi karena tidak ada teman buat nonton bareng. tapi sekarang? mendadak gw bersepeda dengan sendirinya ke tempat yg jualan tiket konsernya. ya itu di Deep Insight. sebuah toko pakaian aksesoris atau apa lah itu, pokoknya berbau dengan nuansa metal.

presale 1 : 100k

gw beli tiketnya saat presale 1, gw lupa dari tanggal berapa sampai tanggal berapa, tapi intinya gw beli tiket presale 1. karena apa? jelas karena paling murah. cuma 100k. oke, nonton konser band luar negeri hanya 100k itu rasanya sudah nikmat sekali, murah. daripada nonton jastin bibir yg harga tiketnya selangit dan cuma nonton anak kecil joget-joget. haha lebih baik gw liat Napalm Death, band yg sudah cukup tua menurut gw. karena band ini sudah ada sebelum gw lahir. \m/

DSC00979DSC00980

the day

28 Juni 2011, ya ini harinya. ibadah grindcore akan dilaksanakan di bulungan outdoor. great \m/ berangkat dari rumah jam 5 sore lebih, dan sampai tujuan jam 18:30. sms dan telpon ke pihak Deep Insight buat tukar tiket. dan akhirnya gw pun berhasil menukar tiket. tidak ada yg spesial dari tiketnya. haha emangnya ada apaan ya di tiket sampai harus spesial.

DSC00981DSC00982

seinget gw, berdasarkan yg gw baca dan gw rasakan, mulainya itu jam 7. gw masuk areanya jam 7 lewat tapi belum mulai juga. sempat bingung, kenapa malah telat. tapi telat sedikit itu biasa lah, maklum orang Indonesia. hehe saat menunggu, sempet kaget saat denger ada yg bilang kl pesawat mereka sampai jakarta jam 7. fcuk!

jam 20:15an, drummer dan gitaris Napalm Death naik. siapa namanya? tidak tau, tidak penting. gw lebih senang untuk memperhatikan musiknya daripada nama orangnya. *alasan* gw hanya tau Shane Embury (bass) sama Mark ‘Barney’ Greenway (vocal), tapi kalo ga salah Mitch Harris itu gitaris dan Danny Herrera itu drummer, ah tidak penting. mereka checksound sebentar kemudian turun lagi. damn. kemudian beberapa menit kemudian, semuanya naik. yeah \m/

DSC00984DSC00985DSC00992

gw tidak hapal dengan setlist-nya, lagipula gw juga tidak terlalu hapal dengan judul lagunya. *benar-benar bukan fans sejati haha* dan menurut gw, si Barney cukup komunikatif dengan penonton walaupun apa yg dibilang Barney itu sering dapet tanggapan yg ga jelas dari penonton. setiap Barney ngomong pasti penonton bengong. kecuali kalo udah keluar kata kotor, baru dah penonton teriak. haha

wangi minuman beralkohol dan energi yg sangat besar berada di sekitar arena moshpit. dan beberapa orang mabok pun ikut moshing. gw sendiri tidak ikut moshing karena banyak alasan. alasan utama nya karena kacamata, waktu itu ada band hardcore di kampus, gw ikut moshing, yg ada kacamata gw mental. jangan sampai saat dibulungan, kacamata gw ilang dan pecah. bisa ga pulang gw.

ada orang bule yg dari awal mulai sudah mabok. entah dia minum berapa kaleng, tapi yg gw sadar si dia minum 1 kaleng. soalnya dia berdiri disamping gw. setelah itu dia teler dan masuk ke moshpit dan berkali-kali jatuh. seperti ada acara lelucon di tengah hingar bingar musik keras dari Napalm Death. dia dorong-dorong orang, narik-narik orang. bodoh lah. dibawah itu foto dia lagi jongkok di tengah kerumunan orang dan bergaya seperti pengemis. aha

DSC00993DSC00994

walaupun gw tidak ikutan moshing, tapi gw senang sekali melihat arena moshpit. orang-orang di dalam-nya penuh dengan semangat dan sangat gila lah menurut gw. banyak yg mabok tapi tetap saja, yg lepas kendali hanya si bule itu. haha ada sekitar 2 orang yg selalu berlari keliling sambil nabrakin diri ke orang-orang yg ada dipinggiran. berhubung gw berada di pinggiran, beberapa kali ditabrak sama dia.

tapi yg sangat gw suka dengan arena moshpit ini adalah ketika ada yg jatoh, semua rame-rame bangunin yg jatoh. kerja sama yg baik dan kepedulian yg keren menurut gw. mungkin hal seperti ini tidak ada di konser band-band pop melayu jaman sekarang. tiap kali ada konser band pop pasti ada aja korban jiwa nya. mental preman semuanya. di konser metal ini, biarpun tampangnya serem-serem dan bertato, mabok, gondrong, rusuh tapi tetap saja ada rasa menolongnya. biarpun sudah dorong-dorong-an sampai ada yg dilempar tapi tetap saja damai. great \m/

DSC00990DSC00991

seperti biasa, mendekati akhir acara, band nya akan keluar panggung dan berakting seperti acara sudah selesai. tapi kemudian kembali lagi buat membawakan lagu penutup. entah itu benar-benar hanya akting atau memang sengaja kembali lagi untuk membawakan lagu yg di request. tidak penting. acara ditutup dengan dua lagu yg dari awal diminta oleh penonton Suffer the Children kemudian Instict of Survival. saat Barney teriak Suffer… , ada orang bule yg dengan semangatnya teriak ke arah gw bilang “… THE CHILDREN” kemudian lari ke arah moshpit. di kedua lagu penutup ini, nuansanya benar-benar panas walaupun udara sangat dingin. pada 2 lagu ini lah kepala gw tidak bisa berhenti bergerak. nikmat.

yang sangat gw sayangkan dari konser ini adalah waktunya. menurut berita yg beredar, mulai jam 7 tapi tadi mulai jam 20:15. entah itu terlambat atau memang sudah sesuai rencana, gw sendiri juga kurang tau. satu lagi masalah waktu, tanpa adanya opening act, membuat acaranya benar-benar sebentar. hanya hampir 1 jam. gw benar-benar kaget karena acara band metal selesai jam 9 malam. ??? dulu pensi sma aja sampai jam 12an, lah ini cuma sampai jam 9. hehe tapi overall enak si.

sepertinya kalo ada konser band metal lagi gw akan datang.

Leave a Reply

