Answer #1


sebuah jawaban dari post gw sebelumnya yang bertajuk “Question #1”. halah. setelah berdiskusi berat dengan 2 teman gw yang sebenarnya otaknya rada miring sampai pemikirannya goib juga. haha

permasalahan band metal dan anti-kapitalisme. saatnya gw bercerita pembukaan sedikit tentang band metal dan anti-kapitalisme tersebut, temen gw dengan sigap cepat tanggap bilang “bullshit”. what? kenapa begitu? sedikit berbicara tentang apa itu anti-kapitalisme, sikap seperti apa yg akan dilakukan dengan orang anti-kapitalisme. bahkan setelah gw mendengar penjelasan tentang anti-kapitalisme itu sendiri, gw pun merasa, ini omong kosong banget kalau sampai ada orang yg benar-benar anti-kapitalis.

sedikit berpikir, mungkin ini sebutannya bukan anti-kapitalisme. tapi ada sebutan yang lebih tepat untuk yg dilakukan oleh para pemusik keras ini, istilahnya kurang sempurna dan memang tidak seperti itu sepertinya. pasti ada sebutan yg lebih tepat.

dan dan dan akhirnya…..

salah satu temen gw bilang, anti sistem kapitalis. what? apalagi ini? penjelasan kurang begitu detail tapi gw sudah mengerti. kalau detail ntar kelamaan juga, males dengerinnya. lagipula gw yakin penjelasan dari hal seperti akan selalu berputar-putar, tidak pernah berhenti. dan temen gw yg bilang itu pun menyatakan kalau dia anti sistem kapitalis.

tapi …

apakah kita bisa menjadi orang yg anti sistem kapitalis? sepertinya kita pun hidup di atas sistem kapitalis. kita bisa berontak tapi efeknya sangat besar dan beresiko. apakah akan tetap berontak? saat lw sukses dan lw punya perusahaan atau usaha saja, dan lw membuat sebuah aturan keras untuk mengatur karyawan lw, apa itu tidak kapitalis?

sudah lah, biarkan saja. tidak akan selesai pemikiran seperti ini.

Leave a Reply

