Question #1


apa yg dirasa oleh para pemusik keras yg anti-kapitalisme tapi akhirnya terikat dgn label rekaman besar? mereka terus menularkan semangat anti-kapitalisme nya di dalam naungan label rekaman besar tersebut. apa mereka masih dapat disebut dgn pemusik yg anti-kapitalisme?

ini jelas berbeda dengan indie. ketika semangat bermusik dengan mandiri dari tahap rekaman sampai publikasinya tanpa ada kekangan dari label, menurut gw, bisa dikatakan mereka pemusik independen. tapi ketika para pemusik tersebut gabung dengan label besar, seperti Sony Music atau BMG, gw berani bilang kalau mereka sudah bukan pemusik yang independen lagi. karena musik mereka akan diatur oleh label. tapi bagaimana dengan label seperti FFWD? gw juga kurang tau, tapi hasil karya para pemusik dibawah naungan FFWD itu sepertinya tidak ada aturan, benar-benar bebas. tapi gw kurang tau juga. tapi kalau memang benar-benar bebas, gw masih bisa mengatakan mereka pemusik independen.

jelas bedanya independen dengan anti-kapitalisme, memang secara arti sangat jauh berbeda. oleh karena itu, gw masih bingung dengan anti-kapitalisme. manakah yg tetap dikatakan anti-kapitalisme, dalam segi bermusik bukan berpolitik, itu sendiri? semangat jelas anti-kapitalisme, terlihat dari lirik-liriknya, tapi mereka juga berada dibawah naungan label besar. apakah masih anti-kapitalisme?

lagipula, menurut gw,  kalau pemusik sudah masuk major label lalu setelah sekian album lalu memutuskan untuk memproduksi musiknya sendiri tanpa bantuan label besar, itu juga bisa kembali mendapat predikat pemusik independen. jadi untuk masalah independen, pemusik dapat lepas dari predikat tersebut dan mendapatkan predikatnya kembali.

dari contoh yg gw tulis, menurut gw, jelas kalau predikat independen dapat dicapai lagi dengan kembali pada idealisme mereka sebagai pemusik yang ingin bebas menuliskan karyanya. tapi anti-kapitalisme? ini yang masih membuat gw bingung.

 

ini hanya pemikiran asal gw, hanya terlintas sesaat tapi menimbulkan tanda tanya besar bagi gw. :p

Leave a Reply

